E-business & E-commerce
E-BUSINESS & E-COMMERCE
Pengertian
E-commerce dan Pengertian E-business
E-Business adalah
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau
pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama
sehingga dapat memberikan keuntungan; dapat berupa berupa keamanan,
fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi dan peningkatan produktivitas dan
profit.
E-Commerce adalah
pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui sistem elektronik seperti
internet dan jaringan komputer lainnya.
Jadi,
pada dasarnya e-business itu luas, sedangkan e-commerce lebih sempit lagi,
karena merupakan bagian dari e-business. Gampangnya e-business merupakan suatu
kegiatan bisnis yang dilakukan melalui teknologi informasi dan terhubung
melalui internet, sedangkan e-commerce merupaka suatu transaksi jual beli
dengan menggunakan teknologi informasi yang terhubung dengan internet.
E-Business belum tentu menerapkan sistem e-commerce, sedangkan e-commerce sudah
tentu melakukan praktek e-business.
Perbedaan
E-commerce dan E-business
Perbedaan
yang mendasar antara e-business dan e-commerce adalah bahwa tujuan e-commerce
memang benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang),
sedangkan e-bussiness berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang
sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen,
peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial
lainya.
Persamaan
E-commerce dan E-business
e-business
dan e-commerce juga memiliki kesamaan tujuan utama yaitu untuk memajukan
perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-Business dan
E-Commerce merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online
marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media internet.
B2B ( Business to Business )
B2B
adalah aktivitas transaksi bisnis secara elektronik antara pelaku bisnis dengan
pelaku bisnis lainnya.B2B berkaitan dengan permintaan dan pengiriman proposal
bisnis.B2B menggunakan sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar perusahaan
dengan menggunakan aplikasi komputer dengan format standar yang telah
disepakati yang disebut EDI ( Electronic Data Interchange ).
A. Karakteristik
B2B sebagai berikut:
Ø Servis
yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat
digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum
digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
Ø Servis
diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumen melakukan
inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
Ø Pendekatan
client/server sering digunakan dimana diambil
asumsi (client consumer) menggunakan sistem
yang minimal (berbasis Web) dan processing (business
procedure) diletakkan di sisi server.
B.
Tujuan B2B sebagai berikut:
Tujuan
suatu perusahaan menggunakan sistem E-Commerce adalah dengan menggunakan
E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan
keuntungannya
B2C( Business to
Consumer )
B2C atau merupakan kepanjangan dari Business to
Consumer adalah bentuk jual-beli
Produk atau jasa
yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara
elektronis. Atau lebih tepatnya B2C adalah suatu aktivitas E-businesses
dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa,
yang dapat diistilahkan dengan transaksi pasar.
A. Karakteristik
:
· Terbuka
untuk umum, dimana informasi disebarkan untuk umum.
· Servis
yang diberikan bersifat umum dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh banyak
orang, contohnya: karena sistem WEB sering digunakan maka servis diberikan
dengan menggunakan basis WEB.
· Servis
diberikan berdasarkan permohonan . dalam kondisi ini, customers
memberikan suatu ide (inisiatif) dan produser harus siap memberikan respon
sesuai dengan permohonan.
· Transaksi
sederhana
B. Kelebihan
dari B2C sebagai berikut :
· Konsumen
dapat mempelajari produk yang ditawarkan yang telah dipublikasi pada media
internet
· Membeli
dengan electronic cash & sistem secure payment
· Meminta
agar barang yang dipesan, dapat dikirimkan pada pihak yang terkait (delivery)
yang tentunya dengan biaya yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.
· Harga
yang diajukan masih bisa dinegosiasikan serta dapat dilakukan dengan mudah dan
cepat dikarenakan kita cukup mengakses suatu website tertentu.
· Media
pembayaran yang digunakan berupa kartu kredit.
C. Keuntungan
(B2C) adalah:
· Dapat
melakukan pembelanjaan dengan mudah.
· Memiliki
banyak pilihan dan waktu utnuk menentukkan yang disukai.
D. Kelemahan
· Produk
yang kita order tidak dapat kita lihat secara langsung dan kita teliti
(periksa) lebih lanjut.
· Produk
yang kita lihat di website, terkadang tidak sesuai seperti aslinya. Maksudnya
ada perbedaan bentuk, warna, ukuran dan lain sebagainya
Komentar
Posting Komentar